Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PENERJEMAH MENGGUNAKAN SPREADSHEET

penerjemah spreadsheet

Google Sheets merupakan alat yang sangat ampuh untuk mengelola data dan informasi. Bagi para pengguna yang sering bekerja dengan bahasa asing, fitur GOOGLETRANSLATE menjadi salah satu yang paling inovatif, memudahkan proses terjemahan langsung pada lembar kerja. Inilah penjelasan mengenai fungsi, format formula, dan contoh penggunaan formula GOOGLETRANSLATE.

Fungsi Formula GOOGLETRANSLATE

Fungsi GOOGLETRANSLATE di Google Sheets merupakan tool yang memungkinkan pengguna untuk menerjemahkan teks dari satu bahasa ke bahasa lainnya secara instan. Menggunakan teknologi yang sama seperti Google Translate, fungsi ini secara otomatis mendeteksi bahasa sumber dan menerjemahkannya ke bahasa tujuan yang diinginkan. Ini sangat berguna untuk komunikasi internasional, penelitian bahasa, atau ketika bekerja dengan konten multibahasa.

Format Formula GOOGLETRANSLATE

Untuk menggunakannya, format dasar yang digunakan dalam formula adalah sebagai berikut:

=GOOGLETRANSLATE("teks"; "bahasa_sumber"; "bahasa_tujuan")

- "teks" adalah string atau referensi sel yang ingin Anda terjemahkan.
- "bahasa_sumber" adalah kode bahasa sumber teks. Jika tidak yakin dengan bahasa sumber, bisa menggunakan "auto" untuk deteksi otomatis.
- "bahasa_tujuan" adalah kode bahasa ke mana teks akan diterjemahkan.

Kode bahasa umumnya merupakan kombinasi dua huruf yang mewakili setiap bahasa, contohnya 'en' untuk Inggris, 'es' untuk Spanyol, atau 'id' untuk Indonesia.

Contoh Penggunaan Formula GOOGLETRANSLATE

Sebagai contoh sederhana, misalnya kita ingin menerjemahkan frase "Selamat Pagi" dari bahasa Indonesia ke bahasa Inggris.

=GOOGLETRANSLATE("Selamat Pagi"; "id"; "en")

Fungsi ini akan mengembalikan terjemahan: "Good Morning". Jika tidak yakin tentang apa bahasa asli dari teks, kita bisa mengganti "id" dengan "auto":

=GOOGLETRANSLATE("Selamat Pagi"; "auto"; "en")

Ini akan memudahkan fungsi untuk mendeteksi bahasa asli teks dan menerjemahkannya ke bahasa Inggris.

tranlate spreadsheet

Dengan fungsi ini, kita juga dapat menautkan teks yang akan diterjemahkan dengan sel lain. Sebagai contoh, jika di A1 kita memiliki frase dalam bahasa Spanyol "Buenos días", dan kita ingin menerjemahkannya ke bahasa Jerman, kita akan menggunakan:

=GOOGLETRANSLATE(A16; "es"; "de")

Ini akan mengembalikan "Guten Morgen", yang adalah terjemahan dari "Buenos días" ke dalam bahasa Jerman.

translate spreadsheet

Selamat mencoba. Jika ada pertanyan, ketik di kolom komentar.

Posting Komentar untuk "PENERJEMAH MENGGUNAKAN SPREADSHEET"